Bab 7 : Perumusan dan Pelaksanaan Strategi
- Berfikir Strategis adalah pemikiran yang
berarti menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran besar
dari perusahaan dan lingkungan kompetitif,serta memikirkan keselarasan
antara keduanya.Manyoritas manajer sadar akan pentingnya perencanaan
strategis.
- Manajemen Strategis (Stategic Management)
adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk
merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat
kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai
tujuan perusahaan.
- Tujuan Strategi,langkah pertama manajemen
strategs adalah mendefinisikan strategi (stategy).Keunggulan
bersaing(Competitive advantage) adalah hal yang membedakan suatu
perusahaan darinn perusahaan lain dan member cirri khas bagi perusahaan
untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen.Memanfaatkan Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (core competence)perusahaan adalah sesuatu yang
dilakukan perusahaan dengan sangat baik dibanding pesaingnya.
- Sinergi (synergy) adalah kondisi yang
timbul ketika bagian-bagian perusahaan berinteraksi untuk menghasilkan
dampak bersama yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang
bertindak sendiri-sendiri.
- Tingkat Strategi dibedakan menjadi tiga diantaranya :
- Pada Bidang Usaha Apa Kita Bergerak ? Ini merupakan pertanyaan yang diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat perusahaan.Strategi tingkat perusahaan (corporate-level strategy)berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan dan gabungan unit bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan.
- Bagaimana Cara Kita Bersaing ?Strategi tingkat-usaha(business-level strategy)berkaitan dengan seiap unit bisnis atau lini produk.
- Bagaimana Kita Mendukung Strategi Tingkat-Usaha?Strategi tingkat-fungsi (functional-level strategy) terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha.
- Perumusan Strategi,merupakan tahap manajemen
strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk
mencapai tujuan perusahaan,serta membuat rencana strategis spesifik.
- Penerapan Strategi,merupakan tahap manajemen
strategis yang melibatkan penggunaan sarana manajerial dan
organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat
mencapai tujuan strategis.
- Analisis SWOT (SWOT analysis),merupakan analisis terhadap kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan.
- Kekuatan dan Kelemahan Internal, adalah
karakteristik internal positif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan
untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya,sedangkan kelemahan adalah karakteristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
- Kekuatan dan Ancaman Eksternal, adalah karakteristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strateginya.Ancaman adalah karakteristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strateginya.
- Berfikir Strategis adalah pemikiran yang
berarti menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran besar
dari perusahaan dan lingkungan kompetitif,serta memikirkan keselarasan
antara keduanya.Manyoritas manajer sadar akan pentingnya perencanaan
strategis.
- Manajemen Strategis (Stategic Management)
adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk
merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat
kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai
tujuan perusahaan.
- Tujuan Strategi,langkah pertama manajemen
strategs adalah mendefinisikan strategi (stategy).Keunggulan
bersaing(Competitive advantage) adalah hal yang membedakan suatu
perusahaan darinn perusahaan lain dan member cirri khas bagi perusahaan
untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen.Memanfaatkan Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (core competence)perusahaan adalah sesuatu yang
dilakukan perusahaan dengan sangat baik dibanding pesaingnya.
- Sinergi (synergy) adalah kondisi yang
timbul ketika bagian-bagian perusahaan berinteraksi untuk menghasilkan
dampak bersama yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang
bertindak sendiri-sendiri.
- Tingkat Strategi dibedakan menjadi tiga diantaranya :
- Pada Bidang Usaha Apa Kita Bergerak ? Ini merupakan pertanyaan yang diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat perusahaan.Strategi tingkat perusahaan (corporate-level strategy)berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan dan gabungan unit bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan.
- Bagaimana Cara Kita Bersaing ?Strategi tingkat-usaha(business-level strategy)berkaitan dengan seiap unit bisnis atau lini produk.
- Bagaimana Kita Mendukung Strategi Tingkat-Usaha?Strategi tingkat-fungsi (functional-level strategy) terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha.
- Perumusan Strategi,merupakan tahap manajemen
strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk
mencapai tujuan perusahaan,serta membuat rencana strategis spesifik.
- Penerapan Strategi,merupakan tahap manajemen
strategis yang melibatkan penggunaan sarana manajerial dan
organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat
mencapai tujuan strategis.
- Analisis SWOT (SWOT analysis),merupakan analisis terhadap kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan.
- Kekuatan dan Kelemahan Internal, adalah
karakteristik internal positif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan
untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya,sedangkan kelemahan adalah karakteristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
- Kekuatan dan Ancaman Eksternal, adalah karakteristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strateginya.Ancaman adalah karakteristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strateginya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar