Setiap
hari para menejer memecahkan berbagai masalah sulit,mengubah
organisasi,dan mencapai prestasi yang mengagumkan.Agar berhasil setiap
organisasi memerlukan manajer yang andal.Dengan menciptakan sistem
lingkungan yang tepat ,para manajer memastikan bahwa departemen atau
organisasi mereka dapat bertahan dan berjaya meskipun masa jabatan
supervisor atau manajernya telah habis.Manajemen adalah pencapain
tujuan-tujuan organisasional secara efektif melalui
perencanaan,pengolahan,kepemimpinan dan pengendalian sumber daya-sumber
daya organisasional.Perencanaan berarti mengidentifikasikan berbagai
tujuan ntuk kinerja organisasi di masa mendatang serta memutuskan tugas
dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk
mencapainya.Pengelolaan biasanya dilakukan setelah perencanaan dan
mencermikan bagaimana organisasi mencoba mewujudkan
perencanaan.Kepemimoinan berarti menggunakan pengaruh untuk memotivasi
karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasi onal.Pengendalian
berate memonitor aktivitas karyawan,menentukan apakah organisasi
sejalan dengan tujuannya dan membuat koreksi jika diperlukan.
Dalam
masyarakat industri yang didominasi oleh teknologi,organisasi
menghimpun pengetahuan ,manusia,dan bahan baku untuk mengerjakan
berbagai tugas yang tidak dapat dilakukan oleh induividu.Kita
mendefinisikan organisasi secara formal sebagai entitas sosial yang
diarahkan oleh tujuan dan dibangun secara sengaja.Efektivitas organisasi
berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan
atau berhasil mencapai apa pun yang coba dikerjakannya.Efisiensi
organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai
tujuan organisasional.Ketrampilan manejemen,tugas manajer bersifat
kompleks dan mulitimensional.Meskipun sebagai ahli teori manajemen
menyarankan serangkaian ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan untuk
mengatur sebuah departemen atau organisasi dapat dikelompokkan ke dalam
tiga katagori:konseptual,interpersonal dan teknis.
Semua
orang memiliki kekurangan dan kelemahan dan keduanya menjadi makin
jelas dalam kondisi perubahan cepat dan ketidakpastian.Keserakahan dan
kebohongan korporat mendominasi,tetapi masih banyak perusahaan yang
falter atau gagal karena tidak begitu spektakuler.Para manajer gagal
mendengarkan keinginan pelanggan,salah menafsirkan sinyalemen pasar atau
tidak mampu membangun tim yang solid dan melakasanakan rencana
strategis.
Tingkatan
manajemen dalam hirearki organisasi yaitu perbedaan vertikal dan
perbedaan horizontal.Perbedaan vertikal meliputi manajer puncak,manajer
tingkat menegah,manajer lini pertama.Sedangkan perbedaan horizontal
meliputi manajer funsional dan manajer umum.Manajer fungsional mencakup
manejer lini dan manajer staf.Beragam aktivitas manajer dapat
dikelompokkan dalam peran.Peran adalah sejumlah ekspentasi terhadap
perilaku manajer.Kesemua peran tersebut dibagi menjadi tiga
katagori:informasi,interpersonal,dan keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar