Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Senin, 17 Desember 2012

Artikel : Bab. 7 PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN STRATEGI

Perumusan dan pelaksanaan strategi merupakan dua cara penting bagi para manajer untuk menghargai manajemen strategi . Para manajer dengan kekuatan pelaksana cenderung  bekerja didalam situasi dan memperbaikinya agar lebih efisien dan andal,sedangkan para manajer dengan kekeuatan perumus berupaya melahirkan strategi di luar paradigm biasa dan gemar membuat terobosan baru.
BERFIKIR STRATEGIS,menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran besar dari perusahaan dan lingkungan kompetitif serta memikirkan keselarasan antara keduanya. Pemikiran strategis penting bagi perusahaan bisnis maupun nonprofit .pada bisnis ,perencanaan strategis berkaitan dengan peristiwa – peristiwa kompetitif dipasar . pda organisais nonprofit sepeti palang merah ,perencanaan strategis berkaitan dengan peristiwa – peristiwa di lingkungan eksternal.
MANAJEMEN STRATEGIS,serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan .
TUJUAN STRATEGIS,merupakan langakah pertama manajemen strategis yaitu mendefinisikan strategi secara eksplisit,yakni rencan tindakan yang menerangankan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivits untuk menghadapi lingkungan, memperoleh  keunggulan bersaing, dan mencapai tujuan perusahaan. Keunggulan bersaing merupakan hal yang memebedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain dan member cirri khas bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen. Inti perumusan strategis adalah menentukan bagaimana perusahaan kita akan berbeda denagn perusahaan lain. Strategi tetntu saja berubah seiring waktu sesuai dengan kondisi lingkungan,namun agar tetap kompetitif,perusahaan membuat strategi yang berfokus kepada kompetensi dasar,mengembangkan sinergi dan menciptakan niali bagi pelanggan.
  • Memanfaatkan Kompetensi Dasar
    Kompetensi dasar perusahaan adalah sesuatu yang dilakukan perusahaan dengan sangat baik dibandinagkan pesaingnya. Kompetensi dasar bisa berupa keunggualan di bidang penelitian dan penegmbangan,ahli di bidang teknologi, efisiensi proses,maupun layanan pelanggan yang unggul.
  • Membangun sinergi
    ketika bagian –bagian perusahaan berinteraksi uantuk mengahasilaknb dampak bersama yang lebih besar daripada jumlah semua bagian yang bertindak sendiri – sendiri sinergi dapat terbangun. Perusahaan dapat memiliki keunggulan dalam  hal biaya, daya pasar , teknologi, atau keahlian  manajemen. Jika dikelola dengan baik ,sinergi dapat memebriakn nilai tambah bagi sumber daya yang ada.
  • Memberikan  Nilai
    memberikan nilai kepada pelanggan merupakan inti dari strategi . nilai dapat didefinisikan sebagai gabunagn keuntungan yang diperoleh dab biaya yang dikeluarkan. Para manajer membantu perusahaan mereka untuk memberikan nilai denagn menyusun strategi yang memanfaatkan kompetensi dasar dan mencapai sinergi.
Tingkatan Strategi
·         Pada Bidang Usaha Apa Kita Bergerak?Ini merupakan pertanyaan yang diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat perusahaan. Strategi tingkat perusahaan (corporate-level strategy)berkaitan dengan perusahaan secra keseluruhan dan gabungan unit bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan. Tindakan-tindakan strategis ditingkat ini biasanya berhubungan dengan perolehan usaha baru; penambahan atau pengurangan unit bisnis, pabrik, atau lini produk; dan usaha patungan dengan perusahaan-perusahaan lain di bidang usaha baru.
·         Bagaimana Cara Kita Bersaing?Strategi tingkat-usaha (business-level strategy) berkaitan dengan setiap unit bisnis atau lini produk. Keputusan-keputusan strategi di tingkat ini berhubungan dengan pengiklanan, arah dan tingkat penelitian dan pengembangan, perubahan produk baru, peralatandan fasilitas, dan penambahan atau pengurangan lini produk dan layanan. Banyak perusahaan membuka unit online sebagai bagian dari strategi tingkat usaha.
·         Bagaimana Kita Mendukung Strategi Tingkat Usaha? Strategi tingkat-fungsi (functional-level strategi) terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha. Stratetgi  fungsional mencakup semua fungsi utama termasuk keuangan penelitian dan pengembangan, pemasaran, dan produksi.
PROSES MANAJEMEN STRATEGIS
Proses ini diawali dengan evaluasi yang dilakukan para manajer terhadap posisi perusahaan sekarang terkait misi, tujuan, dan strateginya.  Mereka kemudian memindai lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta mengenali faktor-faktor strategis yang perlu diubah.  Berbagai peristiwa di lingkungan internal maupun eksternal menandakan perlunya mengubah misi atau tujuan, atau perlunya merumuskan strategi baru di tingkat perusahaan, usaha, dan fungsi.  Langkah terakhir proses manajemen strategis adalah menerapkan strategi baru.
Perumusan Versus Pelaksanaan Strategi
Perumusan strategi (strategy formulation) dapat mencakup evaluasi masalah-masalah di lingkungan internal maupun eksternal dan integrasi hasil evaluasi tersebut ke dalam tujuan dan strategi.  Proses ini berkebalikan dengan pelaksanaan strategi (strategy execution), yaitu penggunaan sarana manajerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis.  Para manajer dapat menggunakan persuasi, peralatan baru, perubahan struktur perusahaan, atau perubahan sistem imbalan untuk memastikan para pegawai dan sumber daya digunakan untuk mewujudkan strategi.
Analisis SWOT
Analisis SWOT (SWOT analysis) mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan.  Informasi eksternal mengenai peluang dan ancaman dapat diperoleh dari banyak sumber, termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, jurnal profesi, pemasok, kalangan perbankan, rekan di perusahaan lain, konsultan atau pertemuan asosiasi.  Para manajer memperoleh informasi internal mengenai kekuatan dan kelemahan melalui berbagai laporan seperti anggaran, rasio keuangan, laporan laba rugi, dan survei terhadap sikap dan kepuasaan pegawai.  Para manajer menghabiskan 80 persen dari waktunya untuk memberi dan menerima informasi.  Dengan bertatap muka langsung dan mengadakan pertemuan dengan semua tingkatan hierarki perusahaan, para manajer membangun pemahaman mengenai kekuatan dan kelemahan internal.
Kekuatan dan Kelemahan Internal
Kekuatan adalah karakteristik internal positif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya, sedangkan kelemahan adalah karakteristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan. 
Kekuatan dan Ancaman Eksternal
Kekuatan adalah karakteristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strategisnya.  Ancaman adalah karakteristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strategisnya.  Sektor lingkungan tugas merupakan sector terpenting bagi perilaku strategis dan mencakup perilaku pesaing, pelanggan, pemasok, dan tenaga kerja.  Lingkungan umum mencakup sector-sektor yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap perusahaan, tetapi tetap harus dipahami dan disertakan dalam perilaku strategis.   Lingkungan umum meliputi perkembangan teknologi, peristiwa ekonomi, legal-politik, dan internasional, sumber daya alam, serta perubahan sosiokultural.  Bidang-bidang lain yang dapat menjadi peluang atau ancaman termasuk kelompok-kelompok penekan, kelompok-kelompok kepentingan, kreditor, dan industri yang berpotensi kompetitif.     
MERUMUSKAN STRATEGI TINGKAT-PERUSAHAAN
Strategi Porfolio
Para investor pribadi sering ingin melakukan di versifikasi dalam sebuah portfolio investasi yang memuat sebuah saham resiko tinggi, sejumlah saham risiko rendah, sebuah saham resiko rendah,sejumlah saham pertumbuhan, dan mungkin beberapa saham pendapatan. Serupa dengan infestor pribadi, perusahaan ingin memiliki gabungan seimbang dari beberapa divisi usaha yang disebut dengan unit usaha strategis (strategicbusinnes unit- SBU).
SBU memiliki usaha unik, link produk, pesaing,dan pasar yang berhubungan SBU lain di suatu perusahaan lain. Para eksekutif pimpinan perusahaan biasanya merumuskan strategi keseluruhan, kemudian menghimpun portofolio unit usaha straregis untuk melaksanakannya. Strategi portfolio (portfolio strategy) berkaitan dengan gabungan unit usaha dan lini produk berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Para manajer tidak senang jika hanya terlalu bergantung pada satu usaha.
Misalnya unit-unit usaha united technologis corporation (UTC) yang berkecimpung di bidang penerbangan pernah mengalami kerugian terparah dalam sejara. Namun divisi otis elevator dan ekskalator baru di dunia. Disamping itu, unit tersebut membuat pemasukan terus mengalir lewat perawatan, perbaikan,, dan pembaruan. Semua elevator di waldorf-Astoria, misalnya, dipasang pada tahun 1931 dan sejak itu senantiasa diperbarui oleh otis. Cara yang berguna untuk memahami strategi portofolio adalah matriks BCG
Matrik BCG
Menempatkan perusahaan dalam dua dimensi,yaitu tingkat pertumbuhan usaha dan pangsa pasar.
Tingkat pertumbuhan usaha adalah sejauh mana peningkatan industri secara keseluruhan ,sementara pangsa pasar menentukan apakah suatu unit usaha lebih banyak atau lebih sedikit menguasai pasar dibandingkan dengan pesainganya.

LIMA KEKUATAN KOMPETITIF PORTER
1.      Potensi pesaing baru.
Kebutuhan modal dan penghematan ekonomi merupakan contoh dua potensi yang dapat mencegah munculnya pesaing baru.Sebagai contoh modal yang diperlukan untuk memasuki industry mobil jau lebih besar dari pada yang diperlukan untuk memulai usaha memulai usaha khusus jarak jauh.
2.      Daya tawar pembeli.
Pelanggan yang cerdas menjadi pelanggan yang terberdayakan. Internet memungkin pelanggan untuk mengakses beragam informasi mengenai barabg,jasa,dan pesaing,sehingga meningkatkan daya tawar mereka.Sebagai contoh,pelanggan yang hendak membeli mobil dapat mengumpulkan banyak informasi mengenai berbagai pilihan, seperti harga mobil baru atau bekas,spesifikasi lengkap,catatan perbaikan,dan bahkan mengenai apakah sebuah mobil bekas perna mengalami kecelakaan.
3.      Daya tawar pemasok.
Pemusatan pemasok dan ketersediaan pemasok pengganti merupakan fakto-faktor penting yang menentukan daya tawar  pemasok.Sebagai contoh, pemasok tunggal mesin untuk perusahaan pembuat pesawat terbang kecil memiliki daya tawar yang tinggi.Dampak internet di bidang ini bisa positif maupun bisa negatif.
4.      Ancaman produk pengganti.
Kekuatan alternative dan pengganti produk perusahaandapat dipengaruhi oleh perubahan biaya atau tren,misalnya peningkatan kesadaran pelanggan akan kesehatan dapat melunturkan loyalitas pelanggan.industri gula merugi akibat berkembangnya pengganti gula,sementara perusahaan pembuat kaleng aemprot aerosol kehilangan usahanya karena pelanggan yang mawas lingkungan memilih produk lain.Internet meningkatkan ancaman produk pengganti karena memungkinkan pendekan baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.Sebagai contoh,penjualan tiket pesawat terbang murah di internet merugikan agen perjalanan tradisional.
5.      Persaingan antarkompetitor
Persaingan antarkompetitor dipengaruhi oleh keempat factor sebelumnya,disamping biaya dan diferensiasi penduduk.Dengan meningkatnya kekuatan internet dan teknologi infaormasi,perusahaan makin sulit membedakan diri dengan para pesaing mereka.Hal ini
meningakatkan persaingan.

Strategi Kompetitif
·         Diferensiasi. Strategi diferensiasi (differentiation) melibatkan upaya untuk membedakan produk atau layanan perusahaan dengan produk atau layanan perusahaan lain. Perusahaan dapat menggunakan iklan yang kreatif, produk yang khas, pelayanan bermutu, atau teknologi baru untuk menghasilkan produk yang dianggap unik. Contoh produk-produk yang berhasil berkat strategi diferensiasi termasuk sepeda motor Harley Davidson, alat pemotong rumput Snapper, dan kain Gore-Tex, yang semuanya dianggap unik di pangsa pasar masing-masing. Perusahaan-perusahaan jasa seperti Starbucks , Whole Foods Market dan IKEA juga menggunakan strategi diferensiasi.
Strategi diferensiasi dapat mengurangi persaingan jika pelanggan setiap kepada merek perusahaan. Diferensiasi yang berhasil juga dapat mengurangi daya tawar pembeli partai karena produk lain dianggap kurang menarik, yang juga membantu perusahaan untuk mencegah ancaman produk pengganti. Selain itu, diferensiasi mencegah munculnya pesaing baru melalui loyalitas pelanggan yang sulit diatasi.
·         Kepemimpinan Biaya. Dengan strategi kepemimpinan biaya (cost leadership), perusahaan berusaha keras mencari fasilitas-fasilitas yang efisien, mengurangi biaya, dan mengontrol produksi dengan ketat agar lebih efisien dari pesaingnya. Posisi rendah-biaya berarti perusahaan dapat menetapkan herga lebih rendah dari harga pesaingnya, tetapi masih dapat menawarkan kualitas yang relatif tinggi dan memperoleh keuntungan yang cukup banyak. Sebagai contoh Comfort Inn dan motel 6 merupakan alternatif pengganti four seasons atau Marriott yang lebih murah.
·         Fokus. Melalui strategi fokus (focus), perusahaan berkonsentrasi untuk pasar wilayah atau kelompok pembeli tertentu. Perusahaan dapat menggunakan strategi diferensiasi atau kepemimpinan biaya, namun target pasarnya sempit
Tren Baru Di Bidang Strategi 
Tren terkini lain adalah penggunaan kemitraan strategis sebagai alternative bagi merger dan akusisi.
  • Inonvasi dari DalamKemampuan dinamis(dynamic capabilities) berarti bahwa para manajer berfokus pada melakukan lebih banyak uapya peningkatan dan pengembangan dengan memanfaatkan asset,kemampuan,dan kompetensi yang sudah dimiliki perusahaanguna memperoleh keunggulan bersaing yang terjaga.
  •     Kemitraan StrategisInovasi  internal tidak berarti bahwa perusahaan selalu bekerja sendiri.Kerja sama dengan perusahaan lain,bahkan terkadang dengan pesaing.merupakan unsur penting dari cara perusahaan sukse mamasuki bidang usaha baru.
  •      Strategi Global Banyak perusahaan yang berusaha secara global dan menggunakan strategi lain sbagai fokus usahanya.Para eksekutif msenior mencoba merumuskan strategi yang koheran untuk memungkinkan sinergi antara usaha internasional guna mencapai tujuan bersama.
§  Globalisasi
  Ketika suatu perusahaan memilih strategi globalisasi(globalization),berarti  desain produk dan strategi pengiklanan di seluruh dunia dilakukan secara terstandardisasi.
§  Strategi Multidomestik
  Ketika suatu perusahaan memilih strategi multidomestik(multidomestic strategy),berarti persaingan di setiap Negara ditangani secara terpisah dengan negara lain.Oleh karena itu,perusahaan multinasional hadir di banyak Negara,namun mendorong agar pemasaran,pengiklanan, dan  desain produk diubah dan disesuikan dengan kebutuhan tertentu disetiap negara.

Penerapan strategi
Strategi Transnasional
Strategi transnasional(strategy transnational) bertujuan mencapai integrasi global sekaligus daya respon nasional.Strategi yang benar-benar transnasional sulit dilakukan,karena bertujuan yang satu memerlukan koordinasi global yang erat,sementara tujuan yang lain memerlukan
fleksibilitas lokal.
·         Kepemimpinan
 Kunci penting penerapan strategi yang berhasil adalah kepemimpinan.
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memengaruhi orang lain agar menujukkah perilaku baru yang diperlukan dalam menerapkan strategi.
·         Rancangan Struktural
 Rancangan structural terkait dengan tanggung jawab para manajer,tingkat kewenangan mereka,serta konsolidasi dari berbagai fasilitas,department,dan divisi.
·         Sistem Informasi dan Kendali
Sistem informasi dan kendali mencakup system imbalan,gaji,anggaran untuk alokasisumber daya,system teknologi informasi,serta peraturan,kebijakan,dan produser perusahaan.
·         Sumber daya manusia
Sumber daya perusahaan adalah para pegawainya.Sumber daya manusia bertugas untuk merekrut,menyeleksi,melatih,memindahkan,mempromosikan, dan memecat pegawai dalam upaya mencapai tujuan strategis.

Proses Perumusan Strategi (Olsen dan Eadi:1982)
- Pernyataan misi dan tujuan
- Analisis dan scanning lingkungan
- Profil Internal dan audit sumber daya
- Perumusan, evaluasi, pemilihan strategi
- Implementasi dan pengendalian rencana strategik.

Delapan langkah Memfasilitasi proses perumusan strategi
- Memulai dan menyetujui proses perencanaan strategi
- Indentifikasi apa yang menjadi mandat organisasi
- Klarifikasi misi dan nilai nilai organisasi
- Menilai lingkungan eksternal
- Menilai lingkungan internal
- Indentifikasi isu strategi yang sedang di hadapi organisasi
- Perumusan strategi untuk me manage Isu Isu
- Menetapkan Visi Organisasi untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar